Rawan Longsor, Perbaikan Pipa Bocor Rancamaya Dipercepat

PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor memperbaiki pipa PVC 15” yang bocor di Kampung Rancamaya dekat terminal Agrobisnis atau Reservoir Rancamaya Kecamatan Bogor Selatan, Jumat sore (12/5). Rencana awal, perbaikan pipa jalur distribusi sumber mata air Tangkil ini dikerjakan pada pukul 15:00 hingga 21:00, namun selesai lebih cepat pada pukul 17:15 WIB.

Direktur Teknik PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor Syaban Maulana mengatakan, tim dari Sub Bagian Penanggulangan Kebocoran dibantu tim Pengaliran dan Jaringan dengan cepat melakukan perbaikan pipa bocor setelah mendapat informasi dari masyarakat.

“Kami tidak menunda pekerjaan. Setelah mengidentifikasi jenis pipa yang bocor, segera kita perbaiki. Apalagi air sudah keluar ke jalan dan area perbaikan rawan longsor. Kami langsung eksekusi,” kata Syaban kepada awak media Jumat sore.

Tim dari Sub Bagian Pengaliran dan Jaringan segera bergerak setelah pengerjaan perbaikan usai. Petugas melakukan pemulihan sistem pengaliran dengan membuang udara yang terjebak di dalam pipa saat pengerjaan perbaikan. Recovery diperkirakan berlangsung 1-2 hari kedepan.

“Karakteristik wilayah zona 1 berbeda dengan yang lain. Saat recovery perlu waktu cukup lama karena kontur tanahnya yang berbukit-bukit, tidak seperti zona lain yang relatif datar. Itulah kenapa gangguan pengalirannya agak sedikit lama,” papar Syaban.

Selama proses perbaikan dan recovery, sejumlah wilayah di zona 1 mengalami gangguan layanan. Di antaranya Jalan Raya Ciawi-Sukabumi, Jalan Rulita, Jalan Raya Wangun, Perum Teras Hijau, Sindang Rasa, Perum Unitex, Perum Royal Tajur, Jalan Raya Tajur, Gang Babadak Tajur, Kampung Gandok Biotrop, Perum Griya Katulampa.

Berikutnya Jalan Sukajaya Tajur, Gang Balai Desa Tajur, Perum Mutiara Bogor Raya, Perum Graha Pajajaran Katulampa, Perum River Side, Gang Gudang Garam, Perum Rivela Park, Perum Villa Tajur dan Gang Bhakti Taruna.

Syaban menyampaikan permohonan maaf atas terjadinya gangguan pelayanan akibat pipa bocor ini. Menurut dia perbaikan pipa bocor merupakan langkah PDAM untuk menjaga kuantitas pasokan air bersih ke pelanggan.

“Bagi pelanggan yang membutuhkan pasokan air bersih gratis melalui tangki, silakah hubungi call center 24 jam PDAM Kota Bogor di nomor 0251-8324111,” tutup Syaban.

sumberpdamkotabogor.go.id

print

You may also like...