Pipa PDAM Tirta Pakuan Bocor, Layanan Pelanggan Cimanggu Terganggu

Sebagian pelanggan air PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor di daerah Cimanggu dan sekitarnya mengalami gangguan pengaliran. Hal tersebut akibat adanya pipa bocor di sekitar Jalan Perikanan Cimanggu.

Hal tersebut dibenarkan Dirtek PDAM Tirta Pakuan Syaban Maulana. Menurut Syaban yang diwakili Kabag Dirtek Adi Gunadi, selain karena kebocoran pipa, juga akibat tingginya pemakaian air pelanggan yang menyebabkan level reservoir Merdeka dan Pajajaran berada di bawah batas normal.

“Dua reservoir PDAM Kota Bogor sempat mengalami penurunan level pada Minggu (7/5/2017). Diduga akibat pemakaian tinggi di daerah Cimanggu dan sekitarnya yang umum terjadi setiap akhir pekan.Tapi kemudian kami dapat informasi ada pipa bocor di daerah Jalan Perikanan. Mungkin ini salah satu penyebab level (reservoir) Merdeka dan Pajajaran drop (turun),” kata Adi Gunadi di ruang kerjanya, Selasa (16/5).

Mengapa penurunan level Reservoir Merdeka dan Pajajaran mempengaruhi pelayanan ke pelanggan? Adi menjelaskan, tingkat level penampung air raksasa ini sangat menentukan kualitas dan kuantitas pasokan air bersih ke pelanggan. Jika level normal maka distribusi ke pelanggan akan baik, begitu pula sebaliknya.

“Kondisi normal reservoir Pajajaran dan Merdeka sekitar 100 cm. Kalau di bawah itu, kita patut was-was. Apalagi di kisaran 20-40 cm, endapan yang ada di dalam reservoir akan teraduk karena terjadi turbulensi. Nah endapan ini terbawa ke pelanggan, sehingga air di dalam bak rumah pelanggan terlihat keruh,” papar Adi.

“Jadi dapat disimpulkan, gangguan layanan air bersih ke PDAM di daerah Cimanggu, Yasmin, Curug dan sekitarnya akibat level reservoir Merdeka dan Pajajaran yang ngedrop. Pemicunya akibat pemakaian tinggi ditambah pipa bocor di daerah Cimanggu,” tegas Adi.

Tim dari Sub Bagian Pengaliran dan Jaringan didampingi petugas dari Sub Bagian Laboratorium melakukan pengurasan (flusing) di tiga titik hydrant di daerah Cimanggu dan jalan Johar sejak hari Minggu. Pengurasan dan pemeriksaan pun dilakukan di rumah-rumah pelanggan yang menyampaikan informasi melalui Call Center 24 jam PDAM Kota Bogor.

“Teman-teman Penanggulangan Kebocoran rencanakan memperbaiki pipa bocor nanti malam (16/5). Insya Allah jika sudah diperbaiki, pasokan air bersih ke daerah Cimanggu akan kembali normal,” kata Adi,

Adi menyampaikan permohonan maaf atas terjadinya gangguan pelayanan di daerah Cimanggu dan sekitarnya. PDAM lanjutnya, menyediakan pasokan air bersih melalui tangki bagi pelanggan yang membutuhkan. Caranya menghubungi Call Center 24 Jam di nomor 0251-8324111.

Reporter Pratama

print

You may also like...