Cegah Gizi Buruk dengan Lomba Balita Sehat

Agar masyarakat makin memahami bagaimana merawat balita, Puskesmas Cipaku menggelar lomba balita sehat. Lomba diikuti ratusan balita dari lima kelurahan, seperti Kelurahan Cipaku, Kelurahan Genteng, Kelurahan Kertamaya, Kelurahan Bojongkerta dan Kelurahan Rancamaya.

Lomba tersebut merupakan tahapan seleksi, dimana pemenang lomba yang ada di tingkat kelurahan akan di lanjutkan ke tingkat kecamatan hingga ke tingkat kota.

Menurut Kepala puskesmas Cipaku Dr. Heryawan, kegiatan yang digelar hari ini merupakan agenda rutin setiap tahun, yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan sekaligus mencegah terjadinya gizi buruk khususnya di kalangan  balita yang ada di lima kelurahan.

“Kami ingin memberikan pengetahuan kepada orangtua khususnya para ibu yang mempunyai anak balita, bahwa anak yang sehat itu bukan dilihat dari gemuk. Obesitas tidak bagus. Sehat dinilai dari berat badan, tinggi badan, gizi, gizi dari rambut, kesehatan gigi lalu psikologi,” kata Hery.

Bukan hanya anak balita saja yang diseleksi sambungnya, tetapi ibu dari anak balita yang mengikuti lomba juga masuk dalam kriteria penilaian, dengan cara melihat jadwal imunisasi dari buku KMS.

“Kami berharap para ibu memahami, bagaimana anak itu sehat baik secara fisik maupun kejiwaan, dengan memperhatikan kesehatan dari mulai berat badan, kecukupan gizi, lalu dari perkembangan mental. Jadi kalo para ibu atau orangtua memahami hal tersebut Insyaallah anak-anak Indonesia sehat secara fisik dan non fisik,” harapnya.

reporter @ahmadjumaedi

print

You may also like...