Lapas Paledang Bakal Dipindah

Soal over kapasitas penghuni Lapas mendapat perhatian Kepala Lapas Klas II A Bogor Gunawan Sutrisnadi. Menurutnya perlu adanya solusi. Untuk itu pihaknya akan berkomunikasi dengan pemerintah daerah setempat membahas permasalahan tersebut.

Hal tersebut ditegaskannya dalam pisah sambut  kalapas, dari pejabat sebelumnya Suharman yang mendapatkan promosi menjadi Kepala Devisi Pemasyarakatan di Bangka Belitung. Dan diganti Gunawan Sutrisnadi yang sebelumnya menjabat Kalapas Kelas II Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan. Serah terima jabatan berlangsung Kamis (5/1/2017).

Terkait hal tersebut Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham Provinsi Jawa Barat, Susy Susilawati, mengaku jika masalah over kapasitas di setiap Lapas memang terus menjadi perhatian dan harus dicarikan solusinya. Permasalahan yang dialami lapas kelas IIA Bogor ini menjadi tugas bersama yang harus dipecahkan. Sementara, pihak Kanwilkumham Jabar sudah mengantisipasi sekaligus mencari solusi untuk memindahkan lapas tersebut ke tempat yang lebih luas.

“Sebetulnya lapas kelas IIA Paledang Bogor ini, sudah ditunjang oleh lapas dan rutan Gunung Sindur, serta lapas Cibinong. Namun, ternyata masih tidak cukup untuk menampung. Maka itu, kami mencari solusi untuk merelokasikan lapas tersebut ke tempat lain,” kata Susy.

Lebih lanjut dikatakannya, untuk saat ini relokasi belum bisa dilakukan, karena ada beberapa kendala, diantaranya masih menunggu surat hibah dari Pemda Jabar dan anggaran pembangunannya belum ada. Akan tetapi, pihaknya optimis rencana itu terealisasi pada tahun ini juga.

“Lapas kelas IIA Bogor, nantinya akan dipindahkan ke Pasir Jambu, luasnya sekitar 2 hektar. Namun, kami masih menunggu surat hibah dari Pemda Jabar. Mudah-mudahan  tahun ini bisa terealisasi,” ujarnya.

Wakil Walikota Bogor, Usmar Hariman, menyambut baik perencanaan relokasi lapas kelas IIA Bogor ke Pasir Jambu.

[pratama]

print

You may also like...