Rakornas Adeksi Dibuka Hari Ini

RAKORNAS Adeksi yang diprediksi dihadiri 500 hingga 1000 anggota DPRD Kota se-Indonesia, rencananya akan resmi dibuka hari ini Rabu (7/12/2016), usai mengikuti peresmian Lawang Salapan di kawasan Tugu Kujang, Baranangsiang Bogor.

Demikian dikatakan Koordinator Bidang Media Rakornas Adeksi, Zaenul Mutaqin, anggota DPRD Kota Bogor dari Fraksi PPP Kota Bogor. Menurutnya, persiapan untuk kegiatan rakornas besok (hari ini) sudah mencapai 100 persen dan mendapat dukungan penuh dari seluruh fraksi di DPRD Kota Bogor.

“Pembukaan Rakornas akan dilaksanakan usai peresmian lawang salapan, dilanjut dengan gala dinner di Balaikota Bogor pada malam harinya,” kata Zaenul kepada kabaronline.co.id

Di tanggal 8 Desember lanjut Zaenul, akan dilakukan penanaman pohon di Taman Hutan Dalam Kota sekaligus “Deklarasi Bogor”. “Saat akan menanam pohon, semua peserta akan naik angkot ke Taman Hutan Dalam Kota di Jalan Ahmad Yani. Uniknya peserta naik angkot yang sopirnya walikota serta unsur muspida Kota Bogor lainnya,” jelasnya.

Sementara itu terkait penanaman pohon, Ketua Umum Adeksi, Ir. H. Armuji mengapresiasi seluruh rangkaian kegiatan Rakornas Adeksi di Kota Bogor ini. Rakornas Adeksi akan membahas isu-isu yang baru dan sejumlah program yang disinergikan atau dicanangkan oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Termasuk penanggulangan perubahan global warming.

“Kegiatan penanaman pohon sebanyak 1000 pohon dari 93 jenis akan ditanam di hutan Kota Bogor dan akan  melahirkan “Deklarasi Bogor” oleh Adeksi. Kami sangat mengapresiasi kerjasama dan persiapan yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Bogor, DPRD Kota Bogor maupun seluruh unsur Muspida di Kota Bogor ini,” kata Armuji.

Hal senada dituturkan Sekjen Adeksi, Anna Morinda yang juga Ketua DPRD Kota Metro Lampung. Menurutnya output dari Rakornas Adeksi ini diharapkan memiliki paradigma yang sama dalam memandang dan membuat perencanaan pembangunan di daerah masing-masing, dengan mempertimbangkan wawasan lingkungan atau program pembangunan yang disinergikan dengan lingkungan.

“Tidak hanya berparadigma, tetapi juga harus berkomitmen, karena perencanaan pembangunan di suatu daerah hakekatnya tidak boleh menimbulkan efek negatif bagi masyarakat. Banyak sekali agenda yang akan menjadi konsentrasi dibahas dalam Rakornas ini. Kota Bogor juga akan menjadi sejarah untuk “Deklarasi Bogor” dalam kegiatan penanaman pohon yang memiliki spirit pembangunan berwawasan lingkungan,” ujar Anna.

Ketua SC Didi Sumardi yang juga Ketua DPRD Kota Mataram didampingi Ketua OC Untung W Maryono juga sebagai ketua DPRD Kota Bogor mengatakan, Rakornas Adeksi telah sukses dilaksanakan, dan kesuksesan ini karena kebersamaan yang dibangun dengan baik antara DPRD Kota Bogor dengan Pemerintah kota Bogor.

“Saya sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas kerja keras dari seluruh jajaran panitia OC di bawah kepemimpinan Untung W Maryono. Kami juga mengapresiasi dukungan penuh dari pihak Pemkot Bogor maupun Muspida Kota Bogor, sehingga Rakornas Adeksi ini berjalan baik. Rakornas ini bisa mencapai sukses secara substantif dalam memperluas semangat untuk  membangun negeri  ini sesuai dengan tema mewujudkan pembangunan berwawasan lingkungan,” ujarnya.

[Pratama]

print

You may also like...