Bahas Global Warming Ribuan Anggota DPRD Kumpul di Bogor

Pelaksanaan Rapat Kordinasi Nasional (Rakornas) Asosiasi Dewan Kota se-Indonesia (Adeksi) yang digelar hari ini Selasa (6/12/2016) sampai 9 Desember 2016 mendatang, diprediksi akan dihadiri sekitar 500 sampai 1.000 anggota DPRD dari 93 kota di seluruh Indonesia.

Menurut panitia Rakornas Adeksi tingkat lokal, DPRD dan Pemerintah Kota Bogor sudah menyiapkan berbagai hal untuk pelaksanaan Rakornas Adeksi yang akan dipusatkan di Hotel Salak The Heritage.

“Persiapan kegiatan Rakornas Adeksi di Kota Bogor sudah mencapai seratus persen. Kegiatan Rakornas Adeksi ini juga mendapatkan dukungan penuh dari seluruh fraksi fraksi di DPRD Kota Bogor. Kami siap melaksanakannya besok (hari ini),” kata Kordinator bidang media panitia Rakornas Adeksi, Zaenul Mutaqin pada saat konfrensi pers di Taman Expresi.

Peserta rakornas lanjutnya, akan menginap di hotel yang tersebar disekitar Kebun Raya maupun Balaikota, dan wilayah Kota Bogor lainnya. Kegiatan diawali pada tanggal 7 Desember, sekaligus peresmian Lawang Salapan di kawasan Tugu Kujang, dilanjutkan dengan gala dinner malam harinya di Balaikota Bogor.

“8 Desember dilakukan penanaman pohon sekaligus deklarasi untuk monument Bogor. Kami berhadap semua pihak mendukung penuh kesuksesan pelaksanaan Rakornas Adeksi ini, karena akan banyak nilai positif serta manfaat manfaatnya, salah satunya untuk pemasukan pendapatan asli daerah Kota Bogor,” ucapnya.

Sementara itu Ketua DPRD Kota Bogor Untung W Maryono yang juga Ketua OC Rakornas Adeksi mengatakan, tema yang akan dibahas dalam Rakornas akan banyak membahas persoalan pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan atau antisipasi Global Warming.

“Acara Rakornas Adeksi ini juga untuk mengorbitkan Kota Bogor di tingkat nasional, karena yang hadir ini para anggota DPRD dari 93 Kota diseluruh Indonesia. Kami berharap semua pihak bersatu padu, baik para anggota DPRD, Pemkot Bogor, unsur Muspida Kota Bogor untuk mensukseskan kegiatan Rakornas ini,” harapnya.

Hal senada dituturkan Wakil Ketua DPRD, Heri Cahyono, menurutnya dalam Rakornas nanti memang sudah semakin menguat terkait isu lingkungan atau antisipasi Global Warming, dan isu itupun sangat penting karena menyangkut kebijakan bagi daerah daerah di Indonesia.

“Isu lingkungan sudah menjadi isu internasional, namun Indonesia sampai saat ini masih terpaku dengan infrastruktur, pendidikan dan kesehatan. Padahal isu lingkungan terutama global warming juga penting mengingat sekarang cuaca semakin panas. Sehingga harus ada upaya dalam menurunkan suhu dan menanam pohon. Pemilihan Kota Bogor sendiri karena Kota Bogor sudah sangat erat dengan lingkungan dengan adanya Kebun Raya Bogor sebagai paru-paru dunia,” kata Heri.

Penanaman pohon, lanjut Heri,  akan dilaksanakan di hutan kota Jalan Ahmad Yani, yang akan diikuti oleh seluruh peserta Adeksi yang hadir dari 93 Kota diseluruh Indonesia. Pohon yang ditanam pun sebanyak 93 jenis pohon dari berbagai daerah kota kota diseluruh Indonesia tersebut dari Sabang sampai Merauke.

Terkait kehadiran Presiden Joko Widodo, Heri menuturkan, kehadiran Presiden Jokowi sangat diharapkan, namun sampai saat ini, Sekretaris Kabinet belum memberikan informasi tentang kehadiran Presiden.

[pratama]

print

You may also like...