Saber Pungli Periksa Kantor Imigrasi

Pegawai kantor Imigrasi Kelas 1 Bogor mendadak tegang, ketika sejumlah petugas dari tim Sapu Bersih (Saber) Pungli datang dan langsung memeriksa ruangan serta laci meja tiap pegawai  Jumat (4/11/2016).

Tim saber pungli memeriksa setiap ruangan dan laci karyawan dilantai 1 serta lantai dua, untuk mencari bukti dugaan pungli di kantor Imigrasi.

Setelah beberapa waktu pemeriksaan dilakukan, petugas Saber pungli akhirnya  tidak menemukan bukti pungli maupun pelanggaran pungli.

Tim saber pungli dipimpin kepala divisi keimigrasian Jawa Barat, Sukma Murni Sinulingga, dan Kabag P2L beserta jajarannya.

IMG-20161104-WA0007Menurut Kepala devisi keimigrasian Jawa Barat, Sukma Murni Sinulingga mengungkapkan, hari ini dilakukan sidak pemeriksaan ke kantor Imigrasi secara menyeluruh, selain memeriksa laci laci petugas.

“Semua tempat pelayanan disisir untuk mencari pelanggaran ataupun kegiatan pungli. Kami juga melakukan tanya jawab kepada pemohon paspor terkait pelayanan di Kantor Imigrasi Kelas 1 Bogor. Jadi pemeriksaan ini dilakukan secara menyeluruh, baik kepada para karyawan maupun meja kerja dan laci lacinya. Jika ada bukti akan diproses,” kata Sukma.

Sukma menghimbau masyarakat agar tidak memancing petugas untuk melakukan pungli. Petugas kantor Imigrasi juga harus menjalankan kinerjanya sesuai dengan SOP

“Saat ini semua sistem pelayanan di kantor Imigrasi sudah online, jadi tidak ada beredar uang dalam pelayanan. Intinya kami minta kepada seluruh petugas Imigrasi menjalankan kinerjanya sesuai SOP dan tupoksinya. Warga juga jangan menjebak jebak petugas untuk melakukan pungli,” tandasnya.

Sementara itu Kepala Kantor Imigrasi Kelas 1 Bogor, Herman Lukman menuturkan, sidak dari tim saber pungli dilakukan mendadak, sehingga semua karyawan kaget.

“Tim saber pungli begitu datang langsung melakukan penyisiran dan pemeriksaan ke semua bagian bagian, terutama di bagian pelayanan. Alhamdulillah tidak ditemukan pelanggaran. Pemohon pun ketika diwawancarai mengaku tak ada pungli,” kata Herman.

Pelayananan disini lanjutnya, menggunakan sistem online, jadi tidak bersentuhan dengan uang langsung. K

“Jika ada petugas yang melakukan pungli, itu resiko sendiri dan tindakan tegas akan diberikan kepada karyawan tersebut sesuai peraturan yang ada. Saya juga memantau dan mengawasi seluruh aktifitas kegiatan pelayanan di kantor Imigrasi melalui CCTV” pungkasnya.

#pratamaIMG-20161104-WA0005

print

You may also like...