Ingin Hidup Sehat, Yuk Cuci Tangan

Untuk bisa hidup sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit, dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan rutin berolahraga, namun hal ini perlu upaya karena harus bergerak. Tetapi ada satu cara yang sederhana dan mudah. Cara ini diajari turun temurun oleh orang tua dan kakek nenek kita, yaitu cuci tangan. Hal tersebut diungkapkan Wali Kota Bogor Bima Arya saat membuka secara resmi kampanye Perilaku Hidup Bersih Sehat dan Cuci Tangan Pakai Sabun di Taman Ekspresi Sempur, Senin (17/10/2016).

Menurut Bima, dari dulu sampai sekarang seluruh keluarga masih mengajarkan anaknya untuk cuci tangan. Karena kesibukan kadang lupa dan menganggap bahwa cuci tangan hanya dilakukan pada saat mau makan. Padahal seharusnya cuci tangan itu dilakukan setiap saat.

Setiap saat tangan menyentuh macam-macam benda yang sudah pasti banyak virus dan bakterinya. Oleh karena itu tidak hanya mau makan saja, perilaku mencuci tangan harus dilakukan dalam banyak hal, setiap saat.

Bima mencontohkan, begitu masuk rumah ketua TP PKK selalu mengingatkan dirinya untuk cuci tangan. Demikian pula ketika masuk kamar. Artinya cuci tangan harus dilakukan setiap saat karena kita tidak pernah tau apa yang menempel ditangan kita. “Bayangkan saya yang sudah berusia 43 tahun saja masih harus diingatkan, apalagi anak-anak,” ujar Bima.

Selanjutnya ia menegaskan tentang pentingnya kampanye cuci tangan yang harus dilakukan setiap saat. Demikian pula dengan tempat cuci tangan yang harus semakin diperbanyak dengan menggunakan air yang mengalir. Baik di pusat-pusat kuliner maupun di sekolah-sekolah. Terkait hal ini akan segera dikoordinasikan dengan Dinas Pendidikan agar di setiap sekolah disediakan fasilitas cuci tangan dengan air yang mengalir dan lengkap dengan sabunnya.

“Kami mendukung dan sekaligus mengingatkan pada semua untuk mengkampanyekan gerakan cuci tangan dengan air mengalir serta harus menggunakan sabun,” tandas Bima. “Terimakasih kepada PDAM yang mendukung acara ini dan juga dinas-dinas yang akan memastikan bahwa pusat kuliner memiliki fasilitas cuci tangan lengkap,” pungkasnya.

#pratama

print

You may also like...