1

Tirta Pakuan Tambah Kapasitas SPAM Cipinang Gading

Diawal tahun 2023 Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor mengawalinya dengan menambah kapasitas SPAM Cipinang Gading sebesar 50 liter perdetik dan menekan tingkat kehilangan air. Selain itu secara bertahap juga dilakukan pergantian pipa dibeberapa titik rawan atau usia pipa yang sudah lama. Hal tersebut disampaikan Direktur Teknik (Dirtek) Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor, Ardani Yusuf, Senin (23/1/2023).

“Tahun 2023 ini alhamdulillah kami mendapat pinjaman dari perbankan. Ada tiga program di sana yaitu pembangunan pengolahan baru di instalasi di SPAM Cipinang Gading 50 liter perdetik, sistem jaringan distribusi utama reservoir dan sistem jaringan distribusi utama di wilayah Cipinang Gading,” ungkap Ardani.

SPAM Cipinang Gading itu lanjut Ardani, untuk melayani kelurahan Mulyaharja dan sekitarnya yang selama ini  sulit dijangkau. Karena posisinya berada lebih tinggi daripada sumber air. 

“Dengan adanya bantuan ini, mudah-mudahan di akhir tahun 2023 bisa melayani di wilayah Cipinang gading. Kurang lebih target kami ada pelanggan di sana,” tuturnya.

Ardani menambahkan, pihaknya melakukan optimalisasi di Cipaku yang tentunya dapat menambah kapasitas ke reservoir Pajajaran. Namun dengan kondisi pipa yang ada saat ini, perlu dipasang pipa paralel baru yang menuju reservoir Pajajaran.

“Ya, rencananya akan dibangun tahun ini, dari mulai gudang Tajur atau gudangnya PDAM sampai dengan reservoir Pajajaran,” paparnya.

Ardani menjelaskan, untuk menekan adanya kehilangan air, dilakukan beberapa penggantian perpipaan. Pipa-pipa lama diganti, kemudian juga ada pemasangan meter induk juga manajemen tekanan. Target menurunkan kehilangan air 1 persen tahun 2023 ini, mudahan-mudahan bisa tercapai.

Penulis Pratama

Editor Aldho Herman