Tiga KK di Kota Bogor Bakal Jadi Transmigran

Tiga kepala keluarga (KK) di Kota Bogor dari total 279 Kepala Keluarga (KK) se-Jawa Barat, masuk kuota untuk mengikuti program transmigrasi tahun 2016 dengan tujuan pulau Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi.

Kepala Seksi (Kasi) Transmigrasi pada Dinas Tenaga Kerja Sosial dan Transmigrasi (Disnakersostrans) Kota Bogor Ahmad Karyana, dengan adanya tiga KK tersebut, maka ada kenaikan satu KK dari tahun 2015 sebelumnya yang hanya dua KK.

“Mereka dibekali pengetahuan pertanian, peternakan, perikanan, dan otomotif. Pelatihan akan diberikan di Balai Latihan Transmigrasi (Balatran) Bandung selama satu minggu,” jelas Ahmad.

Di lokasi transmigrasi lanjutnya, mreka akan mendapatkan rumah berukuran 5X9 meter persegi, lahan pekarangan, dan pertanian (LU1) seluas satu hektar. Lalu, setahun kemudian mereka juga diberikan kembali lahan seluas satu hektar.

Ahmad juga menuturkan, transmigran juga akan mendapatkan jaminan hidup berupa kebutuhan sembako untuk empat jiwa setiap bulannya selama belum masa panen. “Ini termasuk juga bibit tanaman dari pemerintah daerah setempat,” imbuhnya. #pratama

image_pdfimage_print
Share

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *