Usmar: Tangkap Penebang Pohon Illegal

Paska ditemukannya sejumlah pohon mahoni yang ditebang secara illegal di Jalan Pajajaran, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor, Wakil Walikota Usmar Hariman langsung mengecek ke lokasi.

Usmar yang melihat langsung kondisi di lokasi, langsung geram. “Pelaku penebangan pohon secara illegal harus ditangkap, karena pohon itu dilindungi dan siapapun yang menebang bisa terkena pidana. Ini pelanggaran berat. Saya minta dinas terkait membuat laporan dan kronologis, secepatnya ke kepolisian,” tegasnya Usmar geram.

Kerugian atas pohon ini harus dihitung lanjut Usmar, karena usianya sudah puluhan tahun, termasuk persoalan biaya pemeliharaan.

“Pelaku harus ditindak, agar ada efek jera. Penebangan pohon ini dilarang, apalagi Kota Bogor sedang giat-giatnya melakukan penghijauan, terutama disepanjang Jalan Pajajaran. Saya menduga penebangan pohon secara illegal itu untuk kepentingan usaha pembangunan ruko,” tegasnya.

Usmar kembali menegaskan, jika pembangunan ruko itu terbukti melanggar, maka pengajuan izin ruko bisa dicansel (tidak dikeluarkan) oleh Pemkot Bogor.

“Pengusaha harusnya mengajukan dulu perizinan peruntukan dan perizinan penebangan pohon, apabila Pemkot Bogor mengizinkan, baru dilakukan penebangan. Tetapi karena sekarang sudah ditebang pohonnya, ini bisa menyulitkan pengurusan perizinan.

Reporter Pratama

print

You may also like...