Pohon Ditebangi, Bima Sidak Proyek Tol Borr Seksi 2 B

Untuk memastikan koordinasi dan proyek pembangunan jalan tol Bogor Outer Ring Road (BORR) Seksi IIB ruas Kedung Badak-Simpang Yasmin tidak mengorbankan pohon-pohon yang selama ini banyak berdiri di sepanjang median Jalan Sholeh Iskandar yang menjadi titik lokasi pembangunan, Wali Kota Bogor Bima Arya, Selasa (10/1/2017), melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke lokasi proyek.

Menurut Bima, setelah Pemerintah Kota Bogor melakukan komunikasi dengan pemilik proyek yaitu PT Marga Sarana Jabar (MSJ) juga dengan Kementerian Kehutanan bahwa nantinya ratusan pohon yang pada akhirnya terpaksa ditebang atau direlokasi akan diganti. Semua pohon tersebut, katanya, telah didata.

“Jadi sudah didata semua. Ada sekitar 200 pohon besar dan 200 pohon kecil, kemudian sudah ada 54 pohon yang telah ditebang dan pohon yang sudah ditebang ini akan diganti sebanyak lima sampai sepuluh kali lipat jumlahnya dengan ukuran minimal dua meter. Lokasinya nanti disepakati bersama,” jelas Bima.

Lebih lanjut ia menyebutkan, ada sekitar 150 pohon lainnya yang tidak ditebang. Nantinya pohon tersebut akan dipindahkan dan untuk lokasinya pun akan disepakati bersama. Setelah proyek pembangunan selesai, masih kata wali kota, nantinya di sepanjang lokasi di bawah jalan layang tol itu akan dibangun ruang terbuka hijau.

“Jadi (kesimpulannya) yang pertama pohon itu akan diganti, yang kedua pohon itu akan digeser, yang ketiga ini akan dijadikan taman, dan yang keempat lubang biopori juga akan diganti, digali lebih banyak lagi,” paparnya.

Pratama

print

You may also like...