Dongeng, Solusi Pembelajaran Anak

MENDIDIK anak diperlukan berbagai cara, agar tidak gampang bosan. Jika anak lebih suka bermain, orangtua harus bisa mencari cara agar anak tetap mau belajar untuk bekal hidupnya nanti.

“Mendongeng adalah salahsatu cara mendidik anak, bahkan anak hiperaktif pun akan diam terpaku jika mendengar dongeng yang mengasyikkan. Momen itulah yang harus bisa dimanfaatkan untuk memasukkan nilai-nilai pelajaran pada anak anak lewat dongeng,” kata Wakil Ketua DPRD Kota Bogor Heri Cahyono, usai meresmikan kampung dongeng di Kelurahan Pasir Mulya Bogor Barat Kota Bogor.

Menurut Heri yang juga penggagas Gerakan Tanam Pohon (GTP), kampung dongeng ini nantinya akan menjadi sarana untuk menyebarkan informasi dan seluk beluk cerita untuk anak-anak.

“Kampung dongeng diketuai Aris Munandar, salah satu tokoh muda berbakat. Dia bersama tim seperti Iki Yosan dan kawan-kawan, mencoba menciptakan suasana agar anak kembali menyukai dongeng dibandingkan gagdet. Untuk itu digelar pula pelatihan dongeng,” kata Heri.

Pelatihan Dongeng bagi kader Posyandu Se-Bogor Barat tersebut diselenggarakan oleh Kampung Dongeng Bogor Raya berkerjasama dengan Yayasan Nasional Filantropi Indonesia.

“Usai pelatihan ini, kami berencana melaksanakan roadshow mendongeng di Posyandu yang ada di 64 Kelurahan di Kota Bogor,” kata Heri yang pernah mengejutkan publik dengan rencananya menjadikan Kota Bogor kota jambu jamaika.

#pratama

print

You may also like...