Jembatan di Pasir Kuda Ambruk

Sebuah jembatan yang menghubungkan wilayah RT 04/07 dan RT 05/08 Kampung Babakan Sukamantri, Kelurahan Pasir Kuda, Bogor Barat, Rabu (19/10/16) malam sekitar pukul 22.00 WIB ambruk.

Menurut keterangan Kepala Satlak BPBD Kota Bogor Ganjar Gunawan, Kamis (20/10/16), jembatan itu dibangun pada tahun 2008 silam yang berasal dari Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM).

“Panjang jembatan kurang lebih tujuh meter dengan lebar tiga meter, dan jembatan ini dilintasi Sungai Cimanglid,” kata Ganjar.

Menurut informasi dari lapangan, ujarnya, sejak tahun 2015 lalu kondisi jembatan itu telah dilaporkan pihak kelurahan kepada dinas terkait untuk dilakukan perbaikan. Bahkan, masih kata Ganjar, sejak sekitar enam bulan yang lalu jembatan tersebut sudah ditutup warga sekitar agar tidak dilintasi kendaraan baik roda dua maupun roda empat.

“Akhirnya akibat hujan yang deras dan debit air semalam yang cukup tinggi, konstruksi jembatan tidak lagi kut menahan beban dan akhirnya ambruk,” terang Ganjar.

IMG_20161020_160126Saat ini, lanjutnya, BPBD telah melakukanpengeekan secara detail di lokasi ambruknya jembatan tersebut. Upaya-upaya yang telah dilakukan adalah pembersihan puing-puing reruntuhan yang menutupi saluran air untuk menghindari luapan air, pemasangan terpal, memberikan himbauan kepada warga, dan secepatnya akan melakukan penghitungan teknis oleh Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air untuk pembangunan jembatan sementara.

#asya

print

You may also like...