Jajal Nyali Cicipi Jajanan Ekstrem India, Fire Paan yang Berapi

INDIA ternyata memiliki banyak jajanan unik yang belum terlalu dikenal. Negara yang terkenal dengan hidangan kari itu, ternyata juga menyimpan makanan yang terbilang ekstrem oleh banyak orang yakni memakan api.

Sejak tahun lalu, kepopuleran fire paan ini telah tersebar di India sampai orang rela mengatri panjang untuk mendapatkannya. Api sengaja dinyalakan dalam hidangan paan atau biasanya mereka menyebutnya dengan fire paan.

Paan sendiri merupakan makanan yang kerap dikonsumsi setelah hidangan utama. Selain itu, mereka juga bisa menjadi camilan yang mudah ditemukan pada sudut-sudut jalanan India. Berbahan dasar daun sirih, paan umumnnya terdiri dari rempah-rempah berupa mukhwas, jintan hitam, gula, buah-buahan kering, kapulaga dan bahan-bahan lainnya.

Hidangan penutup ini selalu dibungkus dengan lipatan daun sirih dan dikonsumsi untuk menyegarkan mulut, sekaligus melancarkan pencernaan.

Sebagai makanan tradisional yang ada sejak berabad-abad yang lalu di India dan wilayah Asia Selatan lainnya. Kali ini paan ditambahkan inovasi unik dengan menambahkannya bersama sulutan api di bagian atasnya sebelum dimakan.

Para penjual sengaja menyalakan api setelah paan siap sedia dimakan. Kemudian hidangan paansecara langsung dimasukan ke dalam mulut pelanggan.

Menurut para penjual, fire paan sebenarnya terinspirasi dari nyala api dalam minuman beralkohol. Setelah itu mereka mencobanya untuk menaruh api di atas paan untuk memberikan efek yang sama. Sensasi panas dalam fire paan dianggap sangat cocok untuk dikonsumsi saat musim dingin.

Walaupun begitu, pada mulanya banyak orang merasa enggan untuk mencoba fire paan ini. Setelah mereka tahu api yang disulutkan di atas paan tak berbahaya untuk dimakan, banyak orang akhirnya mencoba menguji nyali mereka. Dari situ fire paan menjadi populer di kalangan masyarakat.

Api di atas paan sendiri dikatakan tidak berbahaya kalau kita tetap diam, saat penjual memasukan paan ke dalam mulut kita.

Bagaimana menurutmu apa kamu ingin mencoba fire paan asal India ini?

****

Sumber : liputan6

Foto : liputan6

image_pdfimage_print
Share

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *