Marquez Puas dengan Hasil Hari Pertama Tes MotoGP 2018

MARC Marquez total menjajal tiga mesin berbeda selama menjalani tes pramusim di Sirkuit Internasional Sepang, Malaysia, Minggu (28/1/2018). Pada hari pertama, juara dunia MotoGP musim lalu itu berhasil melahap 50 lap.

Pada sesi pagi, Marquez keluar dengan menggunakan ban basah. Saat itu, dia hanya menyelesaikan satu putaran saja. Setelah kondisi lintasan mulai mengering pada siang hari, pemilik nomor 93 itu menjajal mesin prototipe RC213V 2018, yang menggunakan spesifikasi mesin yang berbeda.

Hasilnya, Marquez belum menemukan keseimbangan yang tepat pada tunggangannya. Hal itu membuat pembalap asal Spanyol tercecer di urutan ketujuh dengan catatan waktu 2 menit 0,290 detik atau tertinggal 0,863 detik dari rekan setimnya Dani Pedrosa yang menjadi tercepat di tes pramusim hari pertama.

marquez“Saya pikir tes pramusim ini merupakan hari yang sibuk bagi semua pembalap. Karena mereka kembali ke motor setelah musim dingin dan perlu menemukan ritme lagi serta terbiasa naik ke lintasan yang sangat menuntut, terutama di Sepang,” kata Marquez seperti dikutip dari laman resmi Repsol Honda, Senin (29/1/2018).

“Saya cukup bahagia, terutama dengan bagaimana kami memulai karena kami mengerjakan tiga motor berbeda dengan mesin yang berbeda. Satu dari tahun lalu dan dua dengan spesifikasi yang berbeda. Karena itu, hari ini cukup intens. Kami harus menyesuaikan banyak hal, yang cukup normal, tapi Sejauh ini sepertinya mesin baru itu lebih baik,” ujar Marquez.

Ini baru tes pramusim di hari pertama. Marquez berharap sisa dua tes di Sepang tim mampu memperbaiki set up pada mesin, perangkat elektronik, erodinamika, dan sebagainya.

“Tentu saja jika itu adalah balapan akhir pekan, saya akan habis-habisan, dan tidak masalah jika motornya gemetar dan bergerak. Tapi sekarang kami sedang dalam ujian, tetap saja kita belum siap, jadi saya menjadi lebih tenang, mencoba memahami banyak hal, memahami mesinnya, bagaimana dengan gasnya, dan kemudian menemukan batas kecepatan,” ujar Marquez.

Sebelumnya,Manajer Tim Repsol Honda Alberto Puig membocorkan rahasia mengapa Marc Marquez dapat tampil kompetitif dalam lima musim terakhir. Ia mengatakan Marquez merupakan pembalap yang tak pernah mengenal kata menyerah.

“Marquez selalu berhasil menyelamatkan situasi sulit. Secara psikologis dia tidak pernah menyerah, dan ia sangat ambisius,” kata Puig, seperti dikutip dari laman resmi MotoGP, Sabtu (27/1/2018).

Sejak Marquez tiba di kelas utama MotoGP, pembalap asal Spanyol itu sukses membius penggemar dengan penampilan yang aduhai di lintasan pacuan kuda besi. Sebanyak 35 kali pemilik nomor 93 itu berhasil berdiri gagah di podium pertama.

Keberhasilan itu telah mengantarkan Marquez merebut empat gelar juara dunia di kelas MotoGP. Ini merupakan capaian yang bukan sebuah keberuntungan semata.

reporterasep

Sumber : Repsol Honda

Sumber Foro : Repsol Honda

image_pdfimage_print
Share

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *